Definisi Dari NFC (Near Field Communication)

  Hello sobat, kali ini Rhevton Fhalls akan membahas "Definisi Dari NFC (Near Field Communication)".




  Jaman sekarang teknologi handphone sudah sangat berkembang, dari yang namanya feature phone hingga smartphone. Teknologi smartphone semakin canggih dari segi hardware, body, dan lainnya. Fitur smartphone yang sedang berkembang saat ini adalah dengan adanya keberadaan teknologi NFC (Near Field Communication).

  Dengan berdirinya forum Near Field Communication yang beralamatkan http://www.nfc-forum.org/home/, forum ini didirikan pada tahun 2004. Ini adalah suatu asosiasi non profit yang bertujuan untuk menerapkan standarisasi, mengimplementasikan serta mempromosikan teknologi NFC.

  NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, yaitu suatu teknologi yang merupakan pengembangan dari teknologi kartu Radio Frequancy Identification (RFID). Secara prinsip RFID sendiri memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan kartu ATM, hanya saja bedanya untuk melakukan suatu pembayaran kartu RFID tidak perlu digesek melainkan hanya perlu didekatkan saja nanti akan terbaca dengan sendirinya oleh alat yang disebut sebgai reader. Di Indoensia sendiri, kartu RFID sudah banyak dipakai pada alat pembayaran tol berupa e-toll card.


  Ponsel yang sudah ditanamkan teknologi NFC dapat bertindak sebagai alat pembayaran dan juga dapat bertindak sebagai reader. Untuk pertama kalinya NFC juga akan diintegrasikan dengan kartu SIM yang memungkinkan operator ponsel untuk memasukkan layanan NFC langsung ke kartu itu sendiri. Dalam hal ini dapat memudahkan pertukaran data antar perangkat seperti memindahkan file gambar, data, dengan cara yang lebih sederhana dan nyaman.

  Sema perangkat NFC memungkinkan untuk membaca dan menulis informasi pada kecepatan tinggi (424kbps). Koneksi NFC terjadi ketilka ada sambungan antar perangkat kompatibel dengan Bluetooth dan WiFi. Karena cara dan fungsi yang sangat terbatas itu, maka akan menjamin komunikasi antar perangkat yang aman dari kehilangan data.

  Fungsi Dari Teknologi NFC (Near Field Communication)
  • Pembayaran kartu kredit yang terintagrasi dengan perabngkat mobile
  • Dokumen elektronik pribadi
  • Download dat asesuai jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api
  • Pembayaran tiket elektronik untuk keperluan transportasi
  • Pembayaran tiket penerbangan dan pemesanan hotel
  • Koneksi P2P (peer to peer) untuk transmisi informasi yang mnudah antara perangkat nirkabel
  • Musik dan downlaod foto kamera, ponsel dan pembaca multimedia
  • Loyalitas dan pembelian kupon



  Dengan adanya keberadaan teknologi NFC, dapat memudahkan melakukan transaksi, pertukaran konten digital (seperti : file, data, foto, dan lainnya) antar perangkat yang sudah ditanamkan teknologi NFC.

Related Posts:

0 Response to "Definisi Dari NFC (Near Field Communication)"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.