Membackup Android Dengan CMW (ClockWorkMod)


image
Assalamu alaikum  para androiders,kali ini saya akan share tentang cara  Membackup Stock Rom Dengan CMW,..
Mungkin yang sudah lama menggunakan desktop baik PC maupu smartphone tidak asing lagi mendengar istilah backup.Membackup bisa dikatakan sebagai proses membuat cadangan suatu sistem yg dapat dikembalikan sewaktu waktu jika terjadi suatu masalah pada perangkat desktop baik pc maupun smartphone.File hasil backup biasanya di simpan ke suatu perangkat penyimpanan seperti Diskdrive /kartu memori.
Proses backup pada android tidak terlalu rumit,bisa menggunakan aplikasi seperti ROM Toolbox atau Titanium backup(android dalam kondisi sudah di root) yang bisa di unduh di play store,namun kali ini saya meggunakan CMW (ClockWorkMod) recovery .
Adapun cara mengakses CMW pada setiap perangkat android bisa berbeda,sobat bisa browsing ke internet seperti XDA Develovers,dan ikuti petunjuk penggunaan CMW
Langkah-langkah membackup :
1.Buka CMW recovery
image
2.Arahkan navigasi ke bawah /ke atas dengan menggunakan tombol Volume up/down dan tombol home untuk memilih
3.Pilih menu Backup&Restore
4.Pilih Backup
5.Sistem akan menyimpan file backup ke SD Card /kartu memori ,jadi usahan space /ruang kosong pada kartu memori cukup untuk menyimpan file backup,misalnya 1 GB (tergantung banyaknya data/aplikasi yg terinstall pada android sobat)
6.Jika space mencukupi maka proses backup akan berjalan sampai selesai,dan sebaliknya apabila tidak mencukupi maka proses backup akan berhenti.
Untuk melihat hasil backup-an , silahkan cek di SDcard, dalam folder ClockWorkMod, backup. Di dalam folder tersebut ada sebuah folder dengan banyak angka (biasanya menunjukkan tanggal dan jam), di dalamnya ada beberapa arsip file dan sebuah file md5 checksum.
Untuk Me-restore nya hampir sama dengan backup dengan melalui cmw >backup&restore>restore
DWYOR
Selamat Mencoba Smile

Related Posts:

0 Response to "Membackup Android Dengan CMW (ClockWorkMod)"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.